Monday 23 November 2015

Waspada Makanan Sehat Berikut Ini Ternyata Beracun


Waspada Makanan Sehat Berikut Ini Ternyata Beracun apabila di konsumsi secara berlebihan dalam jumlah banyak. Mengonsumsi buah dan sayur telah terbukti memberikan efek yang baik bagi kesehatan kita. Namun hati-hati dengan beberapa sayur dan buah berikut ini. 

Waspada Makanan Sehat Berikut Ini Ternyata Beracun
Kentang
Semua kentang mengandung setidaknya solanine, racun yang menyebabkan mual dan sakit kepala.
Tapi kentang yang berwarna kehijauan mengandung lebih banyak zat kimia, walaupun untuk sampai keracunan seseorang harus memakan satu kentang besar, tetap saja lebih baik hati-hati sebelum memakan kentang yang berwarna kehijauan.

Potong dahulu bagian-bagian yang berwarna hijau sebelum memakannya dan hindari menggigit bagian kehijauan saat makan.

Kol mentah
Kol dan sayuran sejenis lainnya dalam keadaan mentah mengandung zat goitrogen, yaitu zat yang terkandung dalam sayuran dan buah yang berpotensi menimbukan penyakit gondok karena zat ini menghalangi atau menganggu produksi hormon kelenjar gondok atau lebih dikenal dengan nama kelenjar tiroid.
Untuk kebanyakan orang, mengonsumsi kol mentah bisa dibilang aman, yang jadi masalah adalah ketika seseorang itu memiliki masalah tiroid atau tidak mendapatkan yodium.

Buah-buahan
Beberapa buah-buahan seperti apel, aprikot, ceri, persik dan buah-buahan sejenis lainnya mengandung amygdaline, komponen yang akan pecah menjadi sianida jika dicerna.

Tomat
Sama seperti kentang, tomat juga mengandung solanine dan juga tomatin, senyawa basa bernitrogen, yang bisa berakibat fatal.
Tapi kontaminasinya hanya ditemukan di daun dan batangnya dan seseorang hanya akan teracuni jika mengonsumsinya dalam jumlah yang sangat banyak.

Jamur
Tiap tahunnya, banyak orang yang sakit dan bahkan meninggal karena salah memakan jamur.
Sebaiknya konsumsi jamur yang bisa dibeli di pasar dan hati-hatilah jika anda memetik jamur sendiri.

Kacang merah
Kacang mengandung protein bernama phytohaemagglutinin, yang sudah lama diketahui memicu gangguan lambung.

Untungnya dengan merendam kacang selama lima jam dan dipanaskan selama tiga puluh menit cukup untuk menghancurkan racun tersebut.

Waspada Makanan Sehat Berikut Ini Ternyata Beracun Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rym

0 comments:

Post a Comment